Makanan Anti Hipertensi

Peran garam dapur dalam meningkatkan tekanan darah harus diwaspadai karena secara langsung berpengaruh terhadap  tekanan darah. Salah satu penyebab utama hipertensi adalah tingginya kadar garam dalam makanan.

Sebenarnya tanpa mengonsumsi garampun tubuh sudah mencukupi kebutuhn natriumnya yang bersumber dari sayur mayur, buah, dan makanan pokok. Akn tetapi , kita seringkali merasa kurng afdal jika tidak mengkonsumsi garam tambahan. Hal ini menjadi permaslahan tersendiri sebab dari dulu budaya telah mengajarkan lidah kita untuk menyukai rasa asin melebihi kebutuhan tubuh.

Garam mengndung ion natrium yng akan langsung diserap oleh tubuh kedalam pembuluh darah sehingga konsentrasi ion natrium didalam darah meningkat. Ion natrium memiliki sifat  menahan air yang dapat meningkatkan volume didalam pembuluh darah dan secara otomatis akan menyebabkan peningkatan tekanan darah, tekanan dalam pembuluh darah menjadi semakin besar hingga akhirnya pecah.

Dalam sel, partner kerja natrium adalah kalium. Karena itu, salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah adalah banyak mengkonsumsi makanan yang berkalium tinggi. Selain mengurangi konsumsi garam, juga perlu diimbangi dengan konsumsi bahan makanan sumber kalium. Tidak seperti ion natrium, ion kalium memiliki cara kerja yang berlawanan dengan cara kerja ion natrium. Ion kalium dapat menurunkan pembuluh darah dengan menarik cairan dari ekstraseluler (pembuluh darah) ke intraseluler yang otomatis akan menurunkn tekanan darah. Sumber kalium yang baik antar lain adalah buah – buahan, seperti pisang, jeruk, dan banyak buah dan sayuran lainnya yang dikonsumsi secara alami.

Nama Makanan

Kalium ( mg )

Avokad (200 g)

1204
Pisang (118 g)

467

Buah Sukun (96 g)

470

Kurma ( 42 g )

271

Durian ( 154 )

265

Kiwi ( 91 g )

302

Delima ( 154 )

399

Artichoke ( 120 )

425
Buah Bit ( 72 g )

655

Daun Cichory ( 180 g )

756

Bayam ( 90 g )

419

Kentang Manis ( 150 g )

522

Pir ( 166 g )

208

Markisa ( 72 g )

252

Pepaya ( 76 g )

196

Jeruk ( 131 )

237

Melon ( 125 g )

339

Blewah ( 138 g )

426

Leci ( 96 g )

164

Nangka ( 83 g )

250

Jambu biji ( 90 g )

256

Buah Fig ( 150 g )

348

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Terima kasih infonya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: