Obat Hasad, Ujub, & Riya

Diantara obat hasad ( iri dengki ) adalah menyadari bahwa ia merupakan bentuk penentangan terhadap Allahu Ta’ala yng dengan hikmah-Nya telah memberikan kenikmatan terhadap orang yang didengkinya, sebagaimana ucapan seorang penyair berikut ini,

Jika kalian marah karena apa yang dibagikan oleh Allah diantara kita, maka Allah sungguh mengetahui ketika Dia tidak ridha kalian (mendpatkannya)

Selain itu, hasad juga menghadirkan kegundahan, kelelahan hati, dan tersiksanya kalbu dengan sesuatu yang sama sekali tidak bisa merugikan orang yng didengki.

Diantara obat Ujub ( bangga diri) adalah mengingat bahwa ilmu, pemahaman, cemerlangnya pemikiran, kefasihan, dan berbagai kenikmatan lain yang dimilikinya adalah pemberian dan amanah Allahu Ta’ala kepadanya. Ia harus menjaga dan menggunakannya dengan sebaik-baiknya.Dzat yang menganugerahinya segala kenikmatan itu Mahakuasa untuk mencabutnya dalam sekejap mata.Hal itu sama sekali tidak sulit bagi-Nya.

Diantara Obat Riya adalah menyadari bahwa seluruh makhluk tidak mampu memberinya manfaat yng tidak dikehendaki oleh Allah. mereka semua juga tidak bisa menimpakan madarat yng tidak ditakdirkn oleh Allahu Ta’ala untuknya. Oleh karena itu, dia tidak menggugurkn amalnya, membahayakan agamanya, dan menyibukan jiwanya dengan mencari perhatian para makhluk yang hakikatnya tidak bisa memberi manfaat atau madarat kepadanya. Disisi lain, dia juga menyadari bahwa Allahu Ta’ala akan menuntut tanggung jawab atas niatnya dan keburukan batinnya.

(diringkas dari Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim fi Adabil’ Alim wal Muta’allim, Ibnu Jamaah al-Kinani r, darul Kutub al-Ilmiyah,hlm 25-26)

Sumber: Majalah Asy Syariah Vol.VI/No.68/1432 H/2011

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: